Kamis, 10 Desember 2009

Black Hole

http://wopat.uchicago.edu/Blackhole.jpgBlack hole atau lubang hitam di luar angkasa memiliki potensi untuk membangun galaksi sendiri. Hal ini diungkapkan astronom dari European Southern Observatory (ESO).

"Pertanyaan 'mana lebih dulu? telur atau ayam?' yang diasosiasikan dengan galaksi dan lubang hitam menjadi subjek yang paling sering diperdebatkan dalam dunia astrofisika saat ini," kata David Elbaz yang memimpin penelitian ini, seperti dikutip dari TG Daily, Rabu (2/12/2009).

"Hasil studi menguatkan dugaan, lubang hitam raksasa sangat potensial memicu terjadinya formasi gugusan bintang yang kemudian akan membentuk sebuah galaksi. Teori ini juga menjelaskan mengapa galaksi hosting yang lebih besar dari lubang hitam memiliki lebih banyak bintang," tambahnya.

Tim astronom mengadakan observasi ekstensif mengenai objek ganjil dekat galaksi quasar HE0450-2958, yang terletak pada jarak sekira lima miliar tahun cahaya.

Hasil observasi pada akhirnya membantah teori yang menyebutkan galaksi quasar tersembunyi di belakang sejumlah besar kumpulan debu. Sebagai gantinya, ilmuwan menemukan bahwa galaksi yang tidak berkaitan di lingkungan sekitar quasar memproduksi sekira 350 bintang per tahun, 100 kali lebih banyak dari jumlah bintang yang dihasilkan galaksi sejenis di semesta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar