Sabtu, 19 Desember 2009

Masjid Juga Bisa Menjadi Tempat Wisata

Masjid Dian Al-Mahri. Itulah nama sebenarnya masjid itu. Akan tetapi, masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Masjid Kubah Emas, karena kubah masjid itu memang terbalut emas. Yaa... masjid di daerah Meruyung, Depok, Jawa Barat, itu rupanya bukan sembarang masjid. Bukan hanya kubahnya yang luar biasa karena berlapis emas 24 karat dan mampu menarik perhatian banyak orang, tetapi masjid yang resmi berdiri sejak tahun 2006 itu rupanya juga bukan sekadar menjadi tempat ibadah seperti masjid kebanyakan.

Selain sebagai tempat ibadah, pantas jika masjid itu disebut sebagai tempat tujuan wisata. Layaknya tempat wisata, masjid ini selalu ramai dikunjungi jemaah yang datang, terutama di akhir pekan. Banyak di antara pengunjung yang datang ke Kubah Emas justru bukan dengan tujuan utama ibadah, melainkan ingin melewatkan hari libur bersama keluarga dengan bersantai dan berfoto bersama di masjid itu.
Seperti yang diakui oleh Ny. Erni, salah seorang pengunjungWanita yang tinggal di Bekasi itu datang bersama keluarganya untuk berwisata melewatkan hari libur di Kubah Emas. "Kita dari Bekasi Mbak. Emang sengaja dari kemaren punya rencana kalo libur mau jalan-jalan ke Masjid Kubah Emas rame-rame ama keluarga," katanya.

Tak hanya Ny. Erni dan keluarganya, masih banyak lagi pengunjung lain yang sengaja datang ke masjid itu meskipun bertempat tinggal jauh di luar wilayah Depok. Bahkan, sering juga pengunjung datang dari jauh seperti Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, bahkan luar Jawa.
Suasana tempat wisata semakin kentara di Masjid Kubah Emas dengan adanya pedagang-pedagang makanan, minuman, cinderamata, hingga penjual jasa foto keliling.
Yang menarik, para pedagang dan penjual jasa foto keliling di Kubah Emas seluruhnya berseragam. Mereka juga berjualan menggunakan stan-stan khusus di dalam kawasan masjid yang mereka tata secara teratur  Salah seorang pedagang bernama Jajang mengatakan, seluruh pedagang yang ada di Kubah Emas adalah warga yang tinggal di sekitar kawasan masjid itu. Para pengelola Masjid Kubah Emas sengaja mengumpulkan dan memberdayakan warga sekitar yang tak mampu agar mereka dapat meningkatkan taraf hidup.

"Semuanya warga di sekitar sini Mbak. Kami diajak sama pengelola masjid untuk berdagang di sini. Makanya kami semua pake seragam. Yah, lumayanlah kalo buat saya Mbak, buat cari penghasilan. Sebelumnya soalnya kan saya kerja serabutan," ujar Jajang dengan logat Sundanya. selain Jajang yang berdagang, masih banyak lagi warga sekitar yang merasa terbantu dengan kehadiran Masjid Kubah Emas sebagai ladang mata pencahariannya. Selain berdagang, ada di antaranya yang menjadi petugas kebersihan, petugas parkir, dan penjaga keamanan Masjid Kubah Emas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar