Sabtu, 12 Desember 2009

Sembelit Bisa Berujung Parkinson

Minnesota: Anda yang memliki riwayat sembelit, berhati-hatilah. Menurut sebuah penelitian, sembelit bisa berujung pada penyakit Parkinson. Dr. Walter A. Rocca dari Mayo Clinic in Rochester, Minnesota, menemukan, mereka yang mengidap sembelit punya peluang dua kali lipat untuk menderita Parkinson dibandingkan mereka yang jauh dari gangguan itu. Demikian dilansir Reuters, Senin (1/12).

http://www.aquatictherapist.com/.a/6a00d83453c2c669e2011570bd82a8970b-800wiParkinson sendiri adalah penyakit otak degeneratif tubuh yang menyebabkan gemetar, kaku otot, kesulitan berjalan,dan bicara. Penyakit ini mengubah sistem saraf otonom, yang mengendalikan proses spontan tubuh seperti detak jantung, pencernaan, air liur, dan fungsi usus. Sedangkan sembelit merupakan manifestasi awal dari proses neurodegeneratif yang mendasari penyakit Parkinson.

Penyelidikan lebih lanjut sangat diperlukan untuk mengkonfirmasi dan mengevaluasi potensi tambahan hubungan antara sembelit dan penyakit Parkinson. Sementara itu, disarankan agar penderita sembelit untuk tetap fokus pada upaya mengatasi gangguan itu saat ini daripada khawatir akan risiko penyakit Parkinson.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar