Defense of the Ancients (atau disingkat
DotA) adalah sebuah
custom map (peta buatan) untuk
permainan komputer buatan Blizzard berjudul
Warcraft III:Frozen Throne, yang dibuat berdasarkan map "Aeon of Strife" dari permainan Blizzard lainnya,
StarCraft. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menghancurkan "
Ancient" musuh, sebuah struktur yang dijaga ketat di setiap pojok kiri bawah dan kanan atas. Pemain dapat menggunakan tokoh kuat yang disebut "
hero" (pahlawan), dan dibantu oleh pahlawan sekutu dan anak buah—petarung (
creep) yang dikontrol oleh
AI. Seperti dalam
permainan peran (
RPG), pemain dapat meningkatkan
level tokoh pahlawan mereka dan menggunakan emas untuk membeli perlengkapan selama permainan.
Permainan ini dikembangkan dengan menggunakan
World Editor dari permainan
Warcraft III: Reign of Chaos, dan dirubah dengan dirilisnya
The Frozen Throne. Terdapat berbagai konsep dasar, dengan yang paling populer adalah
DotA Allstars, yang diurus oleh beberapa pembuat map selama pengembangan. Sejak dirilis, Allstars muncul dalam beberapa turnamen dunia, termasuk
BlizzCon Blizzard Entertainment dan
World Cyber Games Asia, dan juga liga Cyberathlete Amateur dan CyberEvolution.
Warcraft III adalah permainan ketiga dalam serial
Warcraft yang dikembangkan oleh
Blizzard Entertainment. Seperti
Warcraft II, Blizzard memasukan "
world editor" yang memperbolehkan pemain membuat
skenario buatan (
custom scenario) atau "map" (peta) untuk permainan, yang dapat dimainkan
online dengan pemain lain melalui Local Area Network yang berkoneksi Virtual Private Network ataupun melalui
Battle.net.
Skenario buatan tersebut dapat berupa pembuatan/perubahan
terrain, yang dapat dimainkan seperti permainan
Warcraft biasa, atau skenario yang baru dengan tujuan, unit, barang dan peristiwa yang berbeda; Defense of the Ancients adalah salah satunya. Permainan ini dibuat oleh pembuat map (
mapmaker) yang bernama Eul. Defense of the Ancients adalah skenario buatan yang berdasarkan skenario dalam permainan
StarCraft yang dikenal sebagai "Aeon of Strife", dan lebih dikenal dari variasi DotA lainnya.
Setelah dirilisnya versi ekspansi
Warcraft III: The Frozen Throne yang menambah beberapa fitur baru dalam World Editor, Eul tidak melanjutkan skenario tersebut. Berbagai jenis DotA dibuat berdasarkan versi awal, tetapi Allstars adalah versi yang menjadikan Defense of the Ancients populer; skenario ini dikembangkan oleh pembuat map dengan nama
Guinsoo. Setelah versi 6.x, pembuat map lainnya dengan nama IceFrog mengambil alih pengembangan skenario. IceFrog memperbaiki
bug dan menambah fitur-fitur baru. Setiap versi yang dirilis disertai dengan
changelog.
Permainan ini mendapat dukungan kuat dari komunitas melalui forum resmi. Pengguna dapat memasukan ide
hero atau barang baru, beberapa akan ditambah kedalam map. Pemain telah mengontribusikan ikon dan deskripsi hero serta membuat karya seni yang ditampilkan ketika map sedang
loading, dan usulan untuk perubahan hero atau benda yang ada ditanggapi dengan serius; IceFrog pernah merubah hero baru dalam waktu kurang dari dua minggu setelah versi baru map dirilis.
Versi skenario dimana hero musuh dijalankan oleh
artificial intelligences (AI) juga telah dirilis.
Permainan ini terbagi menjadi 2 kelompok yang saling bertempur, yaitu Sentinel dan Scourge. Pemain tim Sentinel memiliki markas yang terletak di pojok kiri bawah, sementara pemain tim Scourge berbasis di pojok kanan atas map. Masing-masing markas dilindungi oleh tower (menara) dan gelombang unit-unit yang menjaga jalur menuju markas mereka. Di pusat markas kedua tim, terdapat "Ancient", yaitu sebuah bangunan yang harus dipertahankan oleh masing-masing tim. Bila Ancient salah satu tim dihancurkan, maka tim itu dinyatakan kalah dan permainan berakhir.
Setiap pemain mengontrol unit yang disebut Hero, sebuah unit kuat dengan berbagai kemampuan yang unik. Dalam Allstars, total Hero yang dapat dipilih mencapai 95 Hero, dan masing-masing memiliki kemampuan, taktik, kelebihan dan kekurangan yang unik dan berbeda satu sama lainnya. Kerjasama tim adalah prioritas utama untuk membawa kemenangan; satu pemain yang sendirian sulit untuk membawa tim menang.Meskipun demikian, ada beberapa Hero yang—bila dimainkan dengan baik dan diberikan cukup banyak waktu untuk meningkatkan level—dapat mengubah jalannya permainan secara signifikan sendirian. Defense of the Ancients dapat dimainkan oleh sepuluh pemain dalam bentuk lima lawan lima dan tambahan dua tempat untuk juri dan pengamat.
Karena permainan ini bergantung pada memperkuat hero individual, tidak diperlukan manajemen sumber daya dan bangunan seperti dalam permainan bergenre
real-time strategy.Membunuh unit yang dikontrol komputer memberikan pemain
experience points; jika
experience cukup, pemain dapat mendapatkan level. Naik level menambah ketangguhan hero dan besar
damage yang dapat diberikan, dan memperbolehkan pemain meningkatkan kemampuan mereka. Selain mendapat
experience, pemain juga mendapatkan sebuah sumber daya: emas. Cara pengumpulan sumber daya dalam
Warcraft III diganti dengan sistem mendapatkan uang melalui membunuh musuh. Hero mendapatkan emas dengan membunuh unit, bangunan dan hero musuh.Dengan menggunakan emas, pemain dapat membeli barang untuk memperkuat hero mereka dan mendapatkan kemampuan. Beberapa barang dapat digabungkan dengan resep untuk membuat barang yang lebih kuat. Membeli barang yang cocok untuk suatu hero adalah taktik yang penting dalam permainan ini.
Allstars menawarkan berbagai jenis permainan yang dapat dipilih oleh host (pembuat) permainan pada awal permainan. Jenis permainan menentukan tingkat kesulitan skenario. Jenis-jenis permainan dapat digabungkan (misalnya, tingkat kesulitan mudah dan pemilihan hero yang acak), sehingga menampilkan lebih banyak pilihan.
Popularitas Defense of the Ancients terus meningkat. Permainan ini ditampilkan oleh
Computer Gaming World dalam penilaian map baru permainan
Warcraft III, dan disebut "
the ultimate RTS".Allstars menjadi skenario permainan yang penting dalam turnamen, saat setelah debut kemunculannya di konvensi
Blizzards BlizzCon tahun 2005. Allstars juga muncul dalam
World Cyber Games Malaysia dan
Singapura dimulai tahun 2005, dan World Cyber Games Asia dimulai dari 2006.
DotA Allstars kini juga masuk dalam liga Cyberathlete Amateur dan liga CyberEvolution. Permainan ini juga muncul dalam
Electronic Sports World Cup (ESWC) 2008
. Oliver Paradis, manajer kompetisi ESWC, menyatakan bahwa tingkat dukungan komunitas, dan juga pengakuan dunia, adalah alasan mengapa DotA dipilih.
Skenario ini populer di berbagai belahan dunia; di
Filipina dan
Thailand, jumlah pemain permainan ini sebanyak permainan
Counter-Strike.
Permainan ini juga populer di
Swedia dan negara-negara Eropa Utara lainnya, dimana lagu yang terinspirasi dari permainan ini, "
Vi sitter i Ventrilo och spelar DotA" oleh musisi Swedia
Basshunter, mencapai puncak tangga lagu Eropa 2006 pada posisi #116 dan masuk kedalam sepuluh besar tangga lagu di Swedia,
Norwegia, dan
Finlandia.
Turnamen
LAN adalah bagian utama dari permainan ini di seluruh dunia. termasuk turnamen di Swedia dan
Rusia; namun, karena sedikitnya turnamen dan kejuaraan LAN di Amerika Utara, beberapa tim telah membubarkan diri. Blizzard menunjuk DotA sebagai contoh apa yang dapat dibuat oleh pembuat map yang berdedikasi menggunakan alat buatan pengembang.
Pada Juni 2008, Michael Walbridge, menulis untuk
Gamasutra, menyatakan bahwa DotA "adalah permainan mod yang paling terkenal, didiskusikan secara bebas di dunia sebagai
non-supported game."Dengan menunjuk pada komunitas DotA yang dibentuk, Walbridge menyatakan bahwa DotA memperlihatkan permainan itu lebih mudah bagi komunitas permainan untuk diurus, dan merupakan salah satu kekuatan terbesar map ini. Defense of the Ancients juga mempengaruhi permainan
Demigod yang dikembangkan oleh
Gas Powered Games.
Contoh Hero DotA dan Guide :
Strenght
Sentinel
Neutrals
Scourge
Agility
Sentinel
Neutrals
Scourge
Intelligence
Sentinel
Neutrals
Scourge